Saur Sepuh The Series

Sinopsis

 

KISAH INI DIMULAI SAAT KERAJAAN KUNTALA TAKLUK OLEH PASUKAN PERANG DEWANGGA YANG MERUPAKAN GABUNGAN ENAM KERAJAAN JAJAHAN KUNTALA YANG MENYATUKAN KEKUATAN MEREKA DIBAWAH PIMPINAN PRABU BRAMA KUMBARA, RAJA MADANGKARA (ENAM KERAJAAN INI ADALAH KERAJAAN MADANGKARA, NISKALA, SANGGAM, SELIMBAR, SAPTAREMA DAN SALINGKUH)

Setelah digempur selama tiga hari tiga malam secara terus-terusan, kerajaan Kuntala akhirnya menyerah kalah. Tumenggung Raksa yang mengangkat dirinya sebagai Raja pasca pengkhianatannya pada raja Kuntala Rentabala, tewas dalam adu ilmu kesaktian melawan Brama. Tumenggung Gardika dan Senopati Kendala, dua kaki tangan Tumenggung Raksa ditawan dipenjara bawah tanah Kuntala. Raja Rentabala yang terbaring sakit akibat diracun oleh Tumenggung Raksa dikembalikan statusnya sebagai raja dengan didampingi oleh kedua adik kandungnya yaitu Pangeran Jagadnata dan pangeran Giripatih. Status dari kerajaan Kuntala sendiri sudah tidak lagi sama, sebab pasca penaklukan oleh enam kerajaan Dewangga pimpinan Brama, maka kerajaan Kuntala menjadi kerajaan Administratif. Disebabkan letak wilayah Kuntala paling dekat dengan Madangkara maka kelima kerajaan sekutu sepakat Kuntala menjadi bawahan Madangkara.

Di Madangkara... Brama tengah duduk diatas singgasananya, dikelilingi oleh para pembesar kerajaan, termasuk Patih Gotawa, Panglima Ringkin, Senopati Indra Kumala dan adiknya, Mantili.

Sudah tujuh hari sejak kepulangannya dari memimpin pasukan gabungan lima angkatan perang kerajaan sekutu Madangkara dalam rangka menaklukkan Kuntala. Kegemilangan hasil pertempuran itu dirasakan dengan sangat bahagia oleh rakyat dari enam kerajaan. Setelah berpuluh tahun hidup dibawah penindasan kerajaan Kuntala, akhirnya hari kebebasan dan kemerdekaan merekapun tiba. Kemerdekaan yang tidak gratis, sebab harus menumpahkan darah, keringat dan airmata. 

Hari ini merupakan hari terakhir perayaan kemerdekaan di Madangkara. Gayatri dan Ardalepa, kedua orang tua Brama dan Mantili bermaksud untuk meninggalkan kraton menuju ke Kadipaten Jamparing. Mereka sudah sepakat hendak menghabiskan sisa umurnya ditengah rakyat perkampungan. Meskipun telah penat usaha Brama dan Mantili mencegahnya namun kedua orang tua mereka tetap bersikeras untuk menetap di Jamparing, bersama-sama dengan paman dan bibi Arum.

Semua persiapan keberangkatan Gayatri dan Ardalepa sudah dilakukan. Senopati Indra Kumala dan Mantili akan bertindak sebagai pengawal utama keduanya hingga sampai ke Jamparing. Sementara Brama sendiri akan menyusul kemudian setelah memberikan sambutan diakhir acara perayaan kemerdekaan kerajaan ditengah rakyat ibukota. Sembari menunggu Gayatri dan Ardalepa keluar dari dalam bilik pribadinya, Brama memberikan pengarahan pada Senopati Indra Kumala dan juga Mantili terkait pengawalan perjalanan orangtuanya ke Jamparing.

Bagaimanakah kelanjutan kisahnya ?..

 

Cast n Crew

 

SAMUEL ZYLGWYN                     

CUT MEYRISKA                         

MERIAM BELLINA                      

ADJIE PANGESTU                      

ADITYA HERPAVI                      

ADAM JORDAN                          

FENDI PRADANA                       

JOHAN MORGAN                       

ANISSA AZIZA                         

JUAN CHRISTIAN BENEDICT      

SABINA                                    

BENNY RUSWANDI                    

HIKMAL ABRAR                         

ICHAL MUHAMMAD                   

 


Production Stils

 

Sutradara               :        Karsono Hadi

Produser                :        Leo Sutanto

Skenario                :        Feri Gumpa

Story Line              :        H. Imam Tantowi

Cerita                     :        Niki Kosasih

Produksi                 :        SinemArt 

 

Judul Lagu     : Selamanya Aku Milikmu

Penyanyi       : Yuni Shara

Produksi        : Pelangi Records