Orang Ketiga

Sinopsis

 

Afifah adalah seorang wanita berusia 33 tahunan yang cantik, full time house wife, yang hidup dalam kemewahan dan tak pernah kekurangan sepanjang pernikahannya. Yang dikhawatirkannya hanyalah baju yang sudah tak up to date dan bagaimana menjaga kecantikan supaya tak cepat keriput. Afifah merasa hidupnya sempurna, dengan suami yang berkarir cemerlang, Aris, dan putri mereka, Kiara. Namun Afifah tak pernah menyadari, kehancuran tengah mengancam rumah tangganya. Afifah memang sering cemburu dan curiga pada perempuan-perempuan seksi, muda, dan cantik, yang ada di sekeliling suaminya, tapi Afifah yakin suaminya pasti setia pada dirinya dan putra mereka.

Suatu hari, Afifah melihat Aris tengah membeli perhiasan bersama seorang perempuan muda cantik bernama Riska. Afifah yang curiga langsung menghampiri suaminya dan bertanya siapa Riska. Aris menjelaskan bahwa Riska adalah karyawan magang di kantornya dan Aris mengajak Riska ke sana untuk membeli perhiasan untuk klien karena selera Riska terhadap perhiasan bagus. Afifah langsung cemas dan merasa Aris tengah berselingkuh dengan Riska.

Afifah minta bantuan pada sahabatnya, Desi, untuk menyelidiki siapa Riska. Desi sendiri adalah seorang wanita karir yang karirnya sangat cemerlang. Desi yang tak tega pada Afifah akhirnya berusaha menyelidiki. Dan berusaha menenangkan Afifah kalau Aris tak berselingkuh dengan Riska. Tettap saja, Afifah curiga pada Riska.

Afifah sendiri tak menyadari bahwa saat itu, Aris memang tengah selingkuh. Tapi dengan Yuni, wanita sederhana, yang lebih tua dari Afifah, dan dengan penampilan sederhana. Yuni pun sudah memiliki anak satu, Adit, yang seusia dengan Alfa. Yuni adalah karyawan di kantor Aris. Aris merasa nyaman dengan kelembutan dan ketulusan Yuni, serta perhatian Yuni kepadanya. Yuni sendiri sudah bercerai dengan suaminya sebelumnya, karena Yuni tak tahan dengan sikap suaminya yang memang tidak baik. Sejak cerai dari suaminya, Yuni tinggal bersama ibunya, Laras, yang membantu mengantar jemput anaknya ke sekolah selagi Yuni bekerja. 

Suatu hari, Aris ingin menjemput Yuni untuk berangkat ke kantor bersama. Saat itu, Afifah memaksa ikut karena ingin menyelidiki soal Aris dan Riska. Aris tak bisa mengelak. Tapi Aris juga tak tega membiarkan Yuni berangkat kerja sendirian. Akhirnya Aris mengarang alasan untuk tetap menjemput Yuni bersama Afifah.

Yuni sangat kaget saat Aris menjemputnya bersama Afifah. Yuni bersikap sopan dan sebenarnya jadi merasa bersalah karena sudah membuat Aris menghianati Afifah. Afifah sendiri sangat terkesan pada Yuni karena menganggap perempuan sederhana dan gak neko-neko seperti Yuni gak mungkin menggoda lelaki mapan seperti suaminya. Afifah malah mengajak Yuni bersahabat.

Sementara itu di dekat kantor ada sebuah coffeeshop yang dimiliki  oleh Riko, pria paruh baya yang hidup sendirian. Istrinya sudah meninggal dan tak memiliki anak. Para pekerja di sekitar kantor Aris dan Desi sering ngopi di sana sekedar istirahat atau  makan siang atau makan malam. Adik Yuni, Novi, bekerja di sana karena sebelum meninggal, ayah Novi dan Yuni menitipkan Novi ke Riko yang tak lain adalah sahabatnya. Di kafe itu, Riko sering mendengar curhatan Aris, Desi, maupun Rangga, sahabat Desi yang seperti pacar untuk Desi.

Desi akhirnya malah mengetahui kalau ternyata Aris berhubungan dengan Yuni. Desi dilema apakah harus memberitau Afifah atau tidak. Rangga, sahabat dekat Desi sekaligus rekan kerja Desi, tak menyukai Afifah yang manja dan hanya bisa bersenang-senang, minta Desi tak usah terlalu memikirkan Afifah. Tapi Desi yang sudah bersahabat dengan Afifah sejak lama, tetap berusaha memperingati Afifah. Afifah malah tetap tak percaya kalau Yuni bisa menjadi selingkuhan suaminya!

Afifah sangat kaget dan hancur saat suaminya minta cerai. Padahal selama ini, pernikahan Afifah dan Aris lah yang selalu dibanggakan oleh ibunya, Riris, yang matre. Riris selalu membandingkan pernikahan Afifah dan Aris yang sempurna, dengan pernikahan Sari (adik Afifah) dan Dion yang kerap dirundung masalah keuangan karena Dion tak mapan.

Meski Afifah berusaha memohon agar Aris jangan meninggalkannya, keputusan Aris tetap bulat. Afifah dan Aris akhirnya bercerai! Hidup Afifah langsung hancur! Dunianya seakan runtuh! Terlebih selama ini dia selalu berusaha tergantung pada Aris.

Afifah pun terpaksa harus keluar dari rumah Aris. Saat Afifah hancur, Desi dan Rangga lah yang berusaha membangkitkan semangatnya lagi. Walau hubungan Rangga dan Afifah tetap diwarnai pertengkaran, karena Rangga tak pernah menyukai Afifah dan begitupun Afifah, tapi Rangga tetap iba pada Afifah.

Sementara itu, Novi malah jadi saling jatuh cinta dengan Riko walau keduanya terpaksa menahan perasaan karena beda usia mereka. Yuni yang tau hal itu  juga melarang agar Novi tak membiarkan perasaannya ke Riko tumbuh karena Novi lebih pantas menjadi anak Riko. Tapi Novi membalikkan, lebih baik mana, dia atau Yuni yang sudah merebut suami orang? Yuni sangat sedih karena adiknya sendiri mengecap dirinya seperti itu.

Afifah akhirnya sadar, kalau dirinya harus berjuang dan bangkit lagi. Afifah yang awalnya tak bisa apa-apa dan sangat tergantung pada suami, akhirnya berusaha memasuki dunia kerja. Desi dan Rangga membantu Afifah menyesuaikan diri dengan dunia kerja. Walau Rangga awalnya dibuat pusing dengan Afifah yang gak bisa apa-apa, tapi Rangga selalu siap membantu Afifah. Perlahan, pandangan Rangga terhadap Afifah mulai merubah saat Rangga tau ternyata Afifah adalah wanita yang sangat baik dan tulus dan tak pernah berpikiran buruk. Semangat Afifah untuk bangkit lagi demi putranya pun membuat Rangga makin terkesan. Begitupun Afifah. Tanpa Afifah sadari, Afifah pun makin terkesan pada Rangga.

Di dalam diri Afifah, Rangga bisa melihat seorang wanita yang sangat percaya pada cinta dan wanita yang perlu dilindungi. Selama ini orang-orang selalu Desi dan Ranggaberpacaran padahal sebenarnya tidak. Mereka hanya sangat dekat dan bersahabat. Walau sebenarnya, Desi ada perasaan suka pada Rangga. Tapi Desi lebih memilih karir daripada hubungan cinta dengan seorang pria. Padahal sebenarnya Desi sering berharap Rangga menyatakan cinta padanya. Rangga sendiri, sangat menyayangi Desi. Rangga merasa berhutang budi pada Desi yang dulu pertama kali memberinya kesempatan kerja sampai Rangga bisa berhasil seperti sekarang ini. Namun Rangga melihat Desi juga tak mau menjalin hubungan cinta dengannya, jadi Rangga pun tak pernah berharap lebih. Rangga tak tau bahwa sebenarnya Desi menyukainya, karena Desi selalu menganggap Rangga saingan di pekerjaannya. Rangga dan Desi memang dekat seperti orang pacaran selama bertahun tahun.

Lambat laun perasaan Afifah dan Rangga semakin tak bisa dicegah, sampai akhirnya, Afifah dan Rangga malah saling jatuh cinta! Desi yang tau hal itu, sangat marah dan kecewa! Karena Desi selama ini menggharapkan Rangga. Rangga sendiri sangat kaget saat tau Desi ternyata memiliki perasaan lebih terhadapnya. Afifah berusaha menjauhi Rangga tapi hal itu malah membuat Rangga makin yakin kalau wanita yang dia cintai adalah Afifah.

Namun, ayah Rangga, Aji, tak setuju Rangga bersama Afifah karena masa lalu antara Aji dengan Riris. Dulu Aji dan Riris sebenarnya berpacaran, tapi Riris meninggalkan Aji demi lelaki kaya. Walau akhirnya suami Riris juga bangkrut dan Riris jadi hidup susah. Aji merasa Afifah juga perempuan matre seperti ibunya. Tak hanya itu Aji merasa bahwa Rangga sudah banyak hutang budi pada Desi dan ingin agar Rangga bersama Desi saja. Tapi Rangga tetap ingin memperjuangkan cintanya dengan Afifah.

Sementara itu, Riska pun malah jatuh hati dengan Rangga, saat Rangga akhirnya pindah kerja dan masuk ke kantor yang sama tempat Aris bekerja dengan jabatan lebih tinggi. Tapi Riska yang tau kalau Rangga ternyata mencintai Afifah, jadi membenci Afifah dan ingin menghancurkan hidup Afifah juga. Terlebih saat itu, Riska masih pro dengan Aris, kakak tirinya.

Tapi saat akhirnya ayah Riska dan Aris tetap tak mau mengakui keberadaan Riska di depan Aris, Riska akhirnya jadi dendam terhadap ayahnya. Dan ingin  menghancurkan ayahnya lewat Aris. Riska berusaha menjegal dan memfitnah Aris di kantor. Tapi malah Rangga yang jadi korban karena saat itu, Rangga adalah pimpinan Aris. 

Sementara itu, ternyata Aris sendiri tak bahagia dengan pernikahannya dengan Yuni karna dia dihantui perasaan bersalah pada Afifah.

Bagaimanakah kisah selanjutnya? 

 


Cast n Crew

 

NAYSILLA MIRDAD                    

MARSHANDA                                     

RIONALDO STOKHORST             

SAMUEL ZYLGWYN                     

GIOVANI L. TOBING                           

INDAH INDRIANA                     

ANISSA AZIZA                         

ICHAL MUHAMMAD                             

FAY NABILA                              

DIAN NITAMI                                     

NUNU DATAU                                     

MENTARI DE MERRELLE             

RICO TAMPATTY                       

BEN ZEMA                                

ANANTYA KIRANA  


Production Stils

 

Sutradara               :        Maruli Ara

Produser                :        Leo Sutanto

Cerita & Skenario    :        Serena Luna

Produksi                 :        SinemArt 

 

Judul Lagu     : SEBUAH RASA

Penyanyi       : AGNEZ MO

Pencipta        : DEWIQ & PAY

Produksi        : AQUARIUS MUSIKINDO