Mas Bram Membuat Ashraf Sinclair Menangis

Tokoh Bram yang diperankan oleh suami Bunga Citra Lestari ini sukses membuat para ibu gemas. Sebelum membintangi sinetron ini, Ashraf sempat ingin break dari dunia akting. Namun, naskah cerita Catatan Hati Seorang Istri, membuat Ashraf berubah pikiran. Ia menitikkan air mata ketika mempelajari naskah. Hingga mantap menerima tawaran memainkan karakter Bram.

Posisi Bram (Ashraf Sinclair) serba sulit. Satu sisi, ia sudah menjadi suami dari Karin (Cut Meyriska) atau si Hello Kitty. Di sisi lain, ia masih begitu berat berpisah dengan mantan istrinya, Hana (Dewi Sandra), akibat orang ketiga, yang tak lain adalah Karin, yang kini sudah menjadi istrinya.

Sikap Bram yang terlalu perhatian kepada Hana, juga kerap membuat Karin cemburu. Beberapa kali Bram dan Karin terlibat pertikaian, sampai Karin melahirkan buah hatinya. Begitu pula sikap Hana, yang tak ingin mantan suaminya itu selalu mendekati dirinya, membuat ketiga tokoh ini kerap beradu konflik.

Pada dasarnya, menurut Ashraf, Bram adalah orang yang baik. "Dia baik, tapi hanya melakukan kesalahan (selingkuh)," ucapnya, dihubungi, Senin (1/12).

Kesalahan yang dimaksud adalah sempat mengabaikan hingga selingkuh kepada perempuan lain, yaitu Karin, adik dari sahabat Hana sendiri, yaitu Sofie (Alexandra Gotta rdo).

"Semua orang bisa dan pernah melakukan kesalahan. Tapi sebenarnya Bram adalah pria yang sayang sekali pada anak dan istrinya. Misalnya, saya punya kisah, ada salah satu keluarga di Malaysia yang hampir mirip kejadiannya seperti ini. Ya, masalah bisa terjadi di sekitar kita," terangnya.

Karakter Bram, telah sukses membuat ibu-ibu gemas. Bahkan, salah satunya sempat mendapat komentar miring dari penonton di social media. Beberapa dari mereka mengatakan kalau Bram begitu jahat kepada istri dan justru memilih perempuan lain untuk dijadikan istri.

Menanggapi hal itu, Ashraf mengaku senang. Berarti, peran yang dilakukan sudah cukup memikat hati pemirsa. Namun, siapa sangka, awalnya Ashraf tidak sengaja memerankan tokoh Bram. Sebelum membintangi sinetron ini, la mengaku berniat akan break sementara dari dunia sinetron.

"Saya sempat mau break karena jenuh dengan karakter itu-itu saja. Tiba-tiba ada tawaran memerankan karakter Bram. Saya baca skenario, langsung saya menangis. Saya mau ambil karakter ini karena ceritanya sangat bagus dan berbeda dari karakter sebelum-sebelumnya yang pernah saya mainkan," ungkap pria kelahiran Inggris, 18 September 1979 ini.

Tak ingin menyia-nyiakan tawaran ini, Ashraf langsung full akting. Ia mulai mempelajari karakter sebelum episode awal ditayangkan. "Saya bikin back story, membangun karakter apa saja. Saya ambil keputusan (karakter) ini karena ingin mempertahankan karakter yang saya mainkan," ucapnya.

Uniknya, di sinetron ini, Ashraf dipertemukan dengan Dewi Sandra sebagai Hana, istri Bram. Menurutnya, ini pengalaman pertamanya. Meski demikian, Ashraf tidak canggung ketika dihadapkan dengan Dewi.

"Bram, Karin, dan hana, sudah sama-sama menemukan chemistry. Kalau istirahat syuting, kadang kami juga diskusi," singkatnya.

Kerap beradu akting dengan Dewi dan Cut Meyriska, Ashraf tidak merasa khawatir. Bahkan jauh sebelum beradu akting dengan Dewi, Ashraf sudah memberikan pengertian kepada istrinya, Bunga Citra Lestari.

"Bunga mengerti bahwa ini bagian dari tanggung jawab saya. Dia tahu batas-batas, karena semua melakukan secara profesional. Sikap profesional bisa bikin kita totalitas dan tidak nanggung. Sangat enggak enak kalau kerja nanggung dan enggak komitmen 100 persen," ujarnya.

 

(Cek & Ricek, Edisi 849, 3-9 Desember 2014)