Teejay Marquez : Malu Tidak Lancar Berbahasa Indonesia

Demi mempertahankan posisi di singgasana rating, sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta (STJC) menghadirkan dua bintang baru. Salah satunya Teejay Marquez (24). Kehadiran ahtor asal Filipina itu untuk mengisi tempat lowong yang di-tinggalkan oleh Aliando Syarief (21). Sanggupkan Teejay merebut hati pemirsa setia STJC?
 
SEDIH ALIANDO KELUAR 
 
Bintang menjumpai Teejay di Pasar Seni Ancol Jakarta, Rabu (3/1) lalu. Siang itu, usai melakoni adegan di Ecopark Ancol, Teejay santai sejenak sambil membaca skrip di kursi kayu ditemani seorang asisten. Tak ada kesan sombong atau arogan ketika kami menghampirinya untuk wawancara. "Halo, tabloid Bintang," sapa Teejay yang mengenakan jaket berwarna hitam ramah.
 
Sebelum wawancara, asistennya berpesan untuh berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. "Biar dia lebih lancar jawabnya. Soalnya, dia belum paham benar bahasa Indonesia," sang asisten dari Bentuk Management beralasan. Benar saja, selama berbincang dengan Bintang, Teejay lebih banyak berbicara dalam bahasa Inggris meskipun sesekali menyelipkan jawaban dalam bahasa Indonesia.
 
Memerankan Sean, Teejay tampil sesuai dengan karakter aslinya. Sean diceritahan sebagai sepupu Vino (Verrell Bramasta) dan Satya (Aliando) yang baru balik dari Manila, Filipina. Lantaran lama tinggal di Filipina, selama 10 tahun, ia akhirnya berbicara menggunakan bahasa campuran Inggris dan Indonesia saat melakukan dialog dengan karakter lain.
 
Teejay baru bergabung di STJC pada 25 Desember 2017. Padahal sebelumnya ia sempat ambil bagian dalam video promo STJC bersama Verrell, Aliando, dan Bryan Domani yang memerankan Leon. "Di saat aku menunggu visa kerja keluar, sinetronnya harus segera tayang. Akhirnya mereka hanya bertiga (Verrell, Aliando, dan Bryan). Dan setelah visa kerja aku keluar, ternyata Satya pergi," kata Teejay.
 
Keinginan Teejay untuk bermain bareng Aliando pupus. Padahal sudah sejak lama, ia bermimpi bisa satu sinetron bareng bintang sinetron Ganteng-Ganteng Serigala itu. "Jujur saja, sewahtu aku di Filipina, aku pengin banget main sama Aliando, Jessica Mila, dan Prilly. Mereka cukup populer di sana. Apalagi penggemar mereka di Instagram banyak sekali. Namun begitu tahu Aliando meninggalkan sinetron ini, ahu sedih. Soon i think Aliando will comeback. Kalau Aliando come back lengkap sudah 4 cowoh seperti F4."
 
TINGGALKAN KARIER DI FILIPINA
 
Teejay menceritakan, awal ditawari bermain di STJC tahun lalu ia tertarik dengan alur cerita dan penokohan para karakternya. Teejay semakin antusias setelah mengetahui dirinya akan beradu peran dengan Verrell, Aliando, Bryan, dan Wilona. "Suatu kehormatan bisa bekerja bareng mereka semua. Ini berkah untuk aku, harena tidak semua orang di negara aku mendapat kesempatan untuh bekerja di Indonesia," katanya.
 
Kendala bahasa sempat menjadi kekhawatiran putra pasangan Manuel Madrilejo dan Jennifer Valenzuela. la merasa malu bahasa Indonesianya tidak lancar. la tidak ingin hal itu mengganggu kelancaran proses syuting STJC. "Aku malu harena mereka semua artis populer di Indonesia. Aku malu dan takut karena enggak lancar berbahasa Indonesia. Aku enggak mau jadi beban buat mereka. Namun setelah aku masuk, mereka welcome banget," kata Teejay yang belajar bahasa Indonesia di lokasi syuting.
 
Berkarier di Indonesia, Teejay rela meninggalkan karier keartisan di Filipina. Bagi- nya, kesempatan terbaik untuk mengembangkan karier ada di Indonesia dan ia tidak ingin menyianyiakan kesempatan itu. "Sebenarnya aku mau berkarier di Indonesia dan Filipina. Tapi karena aku mengambil kesempatan terbaik yang diberikan pada aku di Indonesia, aku harus meninggalkan karier di Filipina. It's ok-lah," bilang Teejay.
 
Lagi pula kata Teejay keluarga, manajemen, dan penggemarnya di Filipina mendukung penuh keputusannya berkarier di Indonesia. "Mereka senang dan bangga banget aku sekarang kerja di sini. Pesan mereka, 'You must doing great.'," Teejay mengingat pesan mereka. Di Filipina, Teejay dikenal sebagai selebgram yang hobi mengunggah video dubsmash, sebuah apli-kasi di Instagram yang sempat populer beberapa tahun lalu. Gara-gara itu ia mendapat julukan "Raja Dubsmash Filipina".
 
(Bintang Indonesia, Edisi 1383, II Januari 2018)