Dinda Hauw : Guru Privat

Dinda Hauw punya treatment khusus sebelum menjalani syuting sinetron Ayah Mengapa Aku Berbeda The Series. Dia belajar bahasa isyarat pada seorang pengajar," yang akrab disapa Pak Jay. Sebagai Angel, dalam sinetron yang ditayangkan di RCTI setiap hari pukul 18.15 WIB, Dinda memang dituntut pas dalam berakting sebagai gadis yang menderita tuna wicara.

Saat syukuran penayangan perdana sinetron itu, Rabu (19/3) sore, Dinda tampak akrab dengan sang guru. Artis kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 14 November 1996 ini adalah artis muda yang total dalam berakting. Hampir semua perannya, terutama di film adalah karakter yang tak biasa.

Karakter Ayah Mengapa Aku Berbeda The Series, sejatinya sudah pernah dimainkan Dinda dalam versi layar lebar, tahun 2011. Film yang dimainkan Dinda yang lain, Surat Kecil Untuk Tuhan, juga pernah diangkat SinemArt ke dalam versi layar kaca. Bedanya, peran utama dalam Surat Kecil Untuk Tuhan The Series, di televisi dimainkan oleh Nikita Willy.

Angel dalam Ayah Mengapa Aku Berbeda The Series dihidupkan oleh akting Dinda. Gadis berambut sebahu ini ditantang memiliki energi besar karena cerita drama menyentuh tersebut dipasang sebagai sinetron stripping. "Aku banyak belajar bahasa isyarat yang benar dengan guru. Selebihnya aku harus bisa diarahkan sutradara sinetron dan beradaptasi dengan lawam main di sinetron ini," kata Dinda.

Angel diceritakan sebagai gadis remaja penderita tuna wicara. Sepanjang syuting Dinda harus berdialog dalam bahasa isyarat dengan memproduksi suara yang (maaf) tak jelas secara pengucapan. Ini tentu tak mudah bagi Dinda. Namun, berkat bimbingan guru dan sutradara supervisi Vemmy Sagita Dinda dapat menjalankannya dengan baik.

 

(CEK & RICEK, Edisi 813, 26 Maret - 1 April 2014)