Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 9

Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 11

Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 17

Notice: Use of undefined constant hostname - assumed 'hostname' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant username - assumed 'username' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant password - assumed 'password' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Deprecated: mysql_pconnect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant database - assumed 'database' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 4
SINEMART

Pak RT Ambo Bukan Berdarah Minangkabau

Khrisna Mukti, aktor berdarah Jawa sukses memerankan Pak RT Ambo dalam sinetron Anak-Anak Manusia. Dalam sinetron drama produksi SinemArt yang ditayangkan setiap malam di RCTI itu kini Khrisna merasa sudah menjadi orang Minangkabau sesungguhnya. Bagaimana bisa?

Mengenakan kemeja lengan pendek warna hitam, celana hitam, dipadu dengan peci warna senada, Khrisna Mukti memang sangat pas dipanggil sebagai Pak RT Ambo dalam sinetron Anak -Anak Manusia yang tayang setiap hari di RCTI pukul 18.30 WIB. Dalam sinetron itu, Khrisna Mukti berperan sebagai Pak RT Ambo yang digambarkan sebagai urang awak.

Menurut Khrisna yang berdarah Jawa, saat episode awal ia berkarakter sebagai Pak RT Ambo, ia sempat mengatami kesulitan berbicara dalam bahasa Minangkabau. "Ternyata bahasa Padang itu ada yang dibolak-balik, ada juga yang disingkat. Misalnya kata 'bagaimana' menjadi 'baa', atau 'dari mana' disingkat menjadi 'darima'. Ada pula yang katanya dibolak-balik, seperti kalimat 'Abang bagaimana kabarnya ?', dalam bahasa Padangnya menjadi 'baa kaba bang ?. Atau 'Abang dari mana ?', menjadi 'darima ban?," papar Khrisna Mukti saat dijumpai di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (22/4).

Melihat penampilan Khrisna Mukti saat ini, ia memang sudah mirip sekali dengan orang Padang sungguhan. Wajah dan dialek sudah seperti orang Padang. Lihat saja di sinetronnya. Menurut Khrisna, ia sangat berhutang budi pada kru yang berdarah Padang di lokasi syuting Anak-Anak Manusia. Karena sibuk banyak pekerjaan, Khrisna tidak sempat melakukan observasi, ia hanya berlatih dialog dalam bahasa Padang, ya di lokasi syuting kepada kru-kru tadi. "Jadi, sambil menunggu take, saya gunakan waktu lowong saya untuk berlatih dengan kru di sini," ujar pemain sinetron yang juga presenter ini.

Jambi

Hikmah berperan sebagai Pak RT Ambo, Khrisna yang tadinya tidak suka masakan Padang, kini jadi menyukainya, terutama rendang, dan ia jadi suka memperhatikan budaya Padang jika sedang ditayangkan di televisi.

"Tadinya saya tidak suka masakan yang banyak santan, tetapi karena terlalu menjiwai peran Pak RT Ambo, sekarang saya jadi suka masakan Padang, terutama rendang. Saya sekarang juga merasa jadi orang Padang, karena setiap hari saya jadi orang Padang. Padahal saya kan orang Jawa. Hahaha," ujarnya.

Hikmah lain setelah sering muncul sebagai Pak RT Ambo, Khrisna jadi sering mendapat job dari masyarakat di Sumatera Barat. "Banyak acara di Sumatera Barat yang mengundang saya untuk menjadi MC-nya di acara tersebut. Mulai dari acara ibu-ibu arisan, kumpul-kumpul keluarga atau acara kantor, hingga acara peluncuran produk," katanya.

Lucunya, ketika dalam acara itu Khrisna menggunakan bahasa Padangnya ala Pak RT Ambo, ternyata membuat banyak hadirin tertawa. Karena ucapan Khrisna ternyata terkadang masih salah dan terbolak-balik. "Tapi karena saya memang bukan orang Padang, jadi kesalahan ucapan saya, malah jadi joke dalam acara itu. Hahaha," kata Khrisna.

Meskipun sudah hampir setahun menggunakan bahasa Padang, seperti yang tertera dalam skenario Anak Anak Manusia, hingga saat ini Khrisna masih belum berani berdialog langsung dengan orang Padang. Pasalnya, ia pernah bertemu dengan orang Padang, kemudian Khrisna menggunakan kemampuannya berbahasa Padang, ia malah disebut mencampur-campur bahasa Padang, Palembang, hingga Jambi.

Dalam sinetron Anak Anak Manusia, Pak RT Ambo adalah seorang RT yang pandir. la seharusnya berani menengahi pertengkaran antar warganya, tetapi ia mempunyai rasa takut. Misalnya ketika ia menasehati Mardani dan Somad agar tidak membuat ulah di kampung. Namun Pak RT Ambo malah dibully oleh mereka. Untungnya ada tokoh Mawi dan warga yang selalu mendukung dan membelanya.

 

(C&R, Edisi 818, 30 April - 6 Mei  2014)