Icha & Tian "Berjodoh" Kembali

 

Dua tahun berpisah, jalinan "asmara" antara Christian Sugiono (Tian) dan Alyssa Soebandono (Icha) di layar kaca kemba­li terjalin lewat sinetron Yang Muda Yang Bercinta (YMYB). Lama tak berjumpa, keduanya justru merasa canggung ketika harus "berpacaran" kembali.

Di sinetron YMYB, Icha berperan sebagai Aliya, cewek tomboi, jahil dan sembrono. Sedangkan Tian berperan sebagai Aditya pria yang dianggap arogan oleh Aliya. Sebaliknya, Adit­ya merasa Aliya sosok yang menyebalkan.

Lucunya, keduanya terpaksa bertunangan karena obsesi nenek Aditya, Oma Pratiwi (Mike Wijaya) yang ingin menjodohkan Adit­ya dengan cucu temannya yang ternyata adalah Aliya. Padahal Aditya sudah memiliki pacar dan Aliya pun sudah mengincar hati pria lain.

Dua tahun "terpisah" sejak sinetron terakhir, Alisa, Tian dan Icha sempat mengaku kagok saat kembali harus "berpacaran" di depan kamera. Maklumlah, di luar sinetron, mereka memang jarang bertemu. "Mungkin karena su­dah lama enggak main bareng. Tapi lama-kelamaan enggak kagok lagi, kok. Sebelumnya aku juga sudah pernah kerjasama dengan sutradara dan para pemain lainnya, jadi lebih tahu apa yang mereka mau," ungkap dara kelahiran 25 Desember 1991 ini.

Rasa bahagia kembali dipasangkan di sinetron yang sama pun dirasakan Tian. "Selama ini memang banyak yang minta lewat media sosial agar kami kembali bermain bareng. Senang, seperti reuni jadinya," ungkap Tian.

Rumah Impian

Di luar sinetron, Icha, yang me­miliki hobi memasak ini mengaku tengah disibukkan oleh dunia pendidikan. Selesai menimba ilmu S1 di Monash University, Australia, Icha kini melanjutkan ke jenjang S2 jurusan Corporate Communication di London School Publik of Relation dengan beasiswa penuh. la berharap kali ini bisa lulus dengan prestasi cumlaude di akhir ta­hun 2013 nanti.

Semua dedikasinya terhadap pendidikan ternyata ternspirasi dari sang ayah yang merupakan dosen dan mengantongi gelar doktor (S3). "Aku pengin kayak beliau. Ke depan me­mang akan melanjutkan S3 di luar negeri, tapi belum tahu persisinya di mana dan ambil jurusan apa," ucapnya bangga.

Dengan  gelar tinggi yang akan didapatnya di masa mendatang, Icha tak pernah merasa akan kesulitan menggaet calon pujaan hati. "Memang ada yang bilang, nanti susah cari pasangan. Tapi aku merasa ini baik untuk diri aku sendiri. Kalau mereka (para pria) bisa menyesuaikan, seharusnya enggak jadi masalah. Aku juga enggak ingin setelah menikah hanya akan jadi ibu rumah tangga," paparnya.

Walapun belum memiliki target menikah, Icha sepertinya sudah menyicil banyak hal demi masa depan-nya, termasuk sebuah rumah impian bertema vintage. Soal dekorasi rumah, ia sendiri yang merancangnya. Sedari kecil Icha memang telah  jatuh cinta pada dunia arsitektur. Tak heran apabila ia pernah berniat melakukan summer course di bi-dang ini, meski hingga kini belum kesampaian.

Bicara soal rumah idaman, Icha bertutur, "Biar kecil tapi ho­mey karena aku enggak suka ru­mah besar. Di dalamnya harus ada ruang belajar yang juga bisa dijadikan ruang berkreasi dan mini li­brary yang tersembunyi. Jadi nanti orang akan membuka sebuah pintu lemari yang ternyata berupa ruang baca."

Untuk kamar pribadi, ia ingin memiliki sebuah dinding yang bisa memajang foto-foto dirinya yang tergantung dalam seutas tali. Di belakang rumah, Icha yang kurang menyukai bercocok tanam ini ternyata ingin memiliki sebuah taman kecil yang nantinya bisa digunakan untuk piknik. Meski baru sekadar ide, Icha yakin akan bisa mewujudkan keinginannya itu. Kini ia mengaku tengah memper-siapkan tabungan untuk memba-ngun rumah impiannya kendati tidak dalam waktu dekat.

Ritual Ultah Pernikahan

Jika Icha sibuk kuliah, Tian ter­nyata tengah mengelola bisnis media online, salah satunya situs www.malesbanget.com. Pria lulusan IT dari Technische Universitat Harburg, Jerman ini meng­aku terjun ke dunia akting karena membutuhkan stimulasi dan hal baru agar bisa terus berkarya.

Dalam setahun, suami Titi Kamal ini sudah membagi waktunya antara sinetron dan passion-nya dalam bidang informatika. la pun kadang menyulap ruang tunggu artis di lokasi syuting menjadi tempat kerjanya. "Sekarang aku pasti bawa meja, kursi, laptop, dan modem internet ke mana-mana. Tapi terkadang suka pusing juga, pas mau syuting, eh, ternya­ta baru baca e-mail penting. Ini memang konsekuensi melakukan dua hal yang berbeda," jelasnya.

Sama-sama sibuk berkarier, Tian dan Titi seringkali terlihat tampil solo di banyak acara. Hal itu membuat rumah tangga nya seringkali diberitakan tengah bermasalah. Untuk hal itu, Tian pun memilih bersikap tak peduli dan membangun tembok. Namun di balik itu semua tak banyak yang tahu jika keduanya selalu meluangkan waktu untuk bermesraan.

Contohnya, saat perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-4 pada 6 Februari 2013 lalu, keduanya menyempatkan waktu untuk makan malam bersama. "Kami memiliki ritual untuk saling introspeksi diri dan menulis 10 daftar resolusi yang akan di-wujudkan tahun ini. Uniknya, aku enggak boleh tahu apa keinginan Titi, begitu pun sebaliknya. Barulah di akhir tahun, semua resolusi itu kami bongkar bersama," ucap­nya sambil tersenyum.

 

(NOVA, 1306, 4-10 Maret 2013)