Ngantri ke Sorga : Menyantap Lontong Isi Oncom di Lokasi Syuting

Menjalani syuting Ngantri ke Sorga dari pagi hingga malam membuat Apoy terpaksa menggelar buka puasa bersama di lokasi syuting di Jalan Mawar, Cibubur, Jakarta Timur. Keluarga Apoy sering datang ke lokasi dengan membawa sejumlah makanan.

Waktu menunjukkan pukul 17.00 WIB, tiba-tiba Hurryyah Agustini, istri Apoy bersama teman-temannya datang ke lokasi syuting Ngantri ke Sorga, di kawasan Cibubur. Mereka kemudian menggelar karpet di lapangan dekat lokasi syuting sinetron Ramadan RCTI itu.

Lalu Hurryyah sibuk meletakkan sejumlah makanan untuk 'buka puasa bareng'. Mulai dari es kelapa kopyor, lontong berisi oncom, es buah, bakwan, hingga risoles ada di situ. Belasan jenis makanan digelar oleh istri Apoy dan rombongan, untuk 'buka bareng' hari Rabu itu.

"Saya menggelar buka bareng ini, karena saya ingin mencari berkah. Kalau buka puasa ramai-ramai seperti ini, kami semua akan mendapatkan berkah," kata Apoy, personel grup band Wali saat dijumpai di lokasi syuting sinetron Ngantri ke Sorga di Jalan Mawar, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (24/6).

Apoy mengungkapkan, banyak orang yang berpendapat, memberi sebagian harta pada orang lain itu akan mengurangi jumlah hartanya. "Tetapi saya justru berpendapat, bersedekah itu akan memberi berkah pada harta saya," katanya.

Lagi pula, kata Apoy, jika memberi makan orang yang berbuka puasa, maka dirinya akan mendapatkan pahala sama seperti orang yang menjalankan ibadah puasa sehari penuh, tanpa mengurangi pahala orang itu.

Apoy juga berkeyakinan bersedekah itu bisa menyempurnakan pahala puasanya. Karena, biarpun sudah berusaha bisa menjalankan ibadah puasa dengan sempurna, sebagai manusia, ada saja hal-hal kecil yang bisa membuat pahala puasanya tidak sempurna.

Misalnya saja, tanpa sengaja memandang lawan main yang berwajah cantik. Maka dengan sedekah, kesalahan kecil saat sedang berpuasa itu, bisa tertutupi.

Asam Manis

Dari belasan jenis makanan yang dibawakan oleh istrinya, Apoy paling suka membatalkan puasa dengan lontong berisi oncom.

"Rasanya nikmat banget makan lontong yang di dalamnya ada oncomnya," ujarnya.

Kemudian menu makannya, yaitu nasi yang dicocolkan dengan rujak buah buni. "Saya sudah beberapa bulan mencari buah buni yang kecil-kecil itu. Kalau yang berwarna merah rasanya asam, tetapi kalau yang sudah berwarna hitam rasanya manis. Sejak remaja saya senang dengan rujak buah buni. Soalnya rasanya ada asam-manisnya," ujar gitaris band Wali ini sambil terkekeh.

Apoy sudah menyuruh asistennya untuk mencari buah buni, tetapi hingga beberapa bulan tidak berhasil menemukan di pasar. Justru Apoy yang secara tidak sengaja melihat pohon buah buni di lokasi syuting Ngantri ke Sorga di Jalan Mawar, Cibubur. Akhirnya Apoy pun menyuruh asistennya untuk memetik buah buni tersebut.

Makanan-makanan yang dibawa sang istri, ternyata tidak semuanya beli di toko kue. Kebanyakan justru dimasak sendiri oleh Hurryyah dengan dibantu asisten rumah tangganya. Mereka sudah memasak makanan-makanan itu sejak pagi hari.

Di bulan Ramadan ini, Apoy tidak menghentikan kegiatannya. Setiap hari ia menjalani syuting sinetron Ngantri ke Sorga, dan tetap berpuasa. "Puasa kewajiban. Apa yang saya jalani sih masih enggak seberapa. Nabi Muhammad sendiri pernah berperang di bulan Ramadan," kata Apoy

Menurut ayah dua anak ini, dirinya merasa rugi bila di bulan Ramadan, gara-gara pekerjaan dirinya sampai tidak berpuasa. Karena Allah menjanjikan pahala yang besar dan ampunan dosa bagi orang yang melakukan ibadah puasa dengan benar.

"Nabi pernah bilang 'Andaikan umatku tahu pahala yang dijanjikan Allah kepada orang yang melakukan ibadah puasa selama bulan Ramadan, niscaya umatku akan meminta agar seluruh bulan dalam setahun dijadikan bulan Ramadan'. Jadi pahala berpuasa Ramadan itu sangat besar," ujar Apoy.

Apoy malah merasa beruntung, menjalani syuting saat sedang berpuasa. Karena perjalanan waktu jadi tidak terasa.

"Kalau sedang syuting, saya lihat jam. Eh, tahu-tahu sudah jam tiga sore. Tetapi kalau puasa enggak ada kegiatan, perjalanan waktu rasanya lama amat," kata Apoy.

Namun demikian diakui Apoy, terkadang dirinya merasa haus. "Biasanya kalau habis take saya langsung nenggak minuman air mineral, tetapi kalau sedang berpuasa enggak bisa begitu lagi. Hahaha," katanya.

Menjalani syuting dari pagi hingga malam, juga tidak menghalangi Apoy untuk tetap memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Biasanya ia menjalani salat Tarawih dan membaca Al-Quran setelah pulang ke rumahnya selesai syuting.

 

(Cek & Ricek, Edisi 879, 1-7 Juli 2015)