Cut Syifa : Sosok Idola di Sodrun Merayu Tuhan

BERPERAN sebagai Khodijah anak semata wayang, yang bersahabat dengan tiga orang persahabatan. Syifa yang mempunyai karakter tomboy, di sinetron ini dia berusaha untuk menjadi lebih feminim. Gadis penyuka celana jeans ini memang jarang memakai rok dalam kehidupan sehari-harinya. Syifa sendiri mengakui bahwa dirinya memang memiliki kepribadian tomboy sejak kecil. Walau dia sebenarnya tidak merasa tom­boy, namun dia mengakui bahwa penampilan keseharian dan gesturenya mungkin membuat banyak orang berpikir demikian. Bahkan orang terdekatnya sering bawel untuk mencobanya memakai rok atau pakaian yang sedikit lebih feminim, ujar gadis bungsu yang dua saudaranya adalah laki-laki ini.

"Khadijah itu gadis yang lugu, suka pakai rok gitu, jadi aku sekarang beru­saha belajar pakai rok, jujur sebenarnya aku lebih suka pakai celana panjang. NggakTahu kenapa lebih nyaman aja" ungkap Syifa.

Berakting sebagai gadis lugu, banyak memberi perubahan pada diri gadis cantik ini. Selain berakting sebagai seorang remaja yang sedikit dewasa, Syifa juga sedikit-sedikit belajar bahasa Sunda.

Kharakter khadijah yang berasal dari tanah Pasundan membuatnya sedikit banyak menggunakan bahasa Sunda. "Kebetulan lokasi syuting kali ini di daerah Bogor, awalnya aku bingung aku perhatiin aja orang-orang disekitar sini. Dari caranya bicara mereka ngomong apa, namun kadang juga diskusi dengan kru dan lawan main karena sering kelepasan pakai bahasa atuh atau teh" kata Syifa mengungkapkan kesulitannya dalam berperan sebagai Khadijah.

"Alhamdulillah aku bisa belajar mendalami peran karena sudah dari ke­cil mengalami bagaimana cara menghadapi orang, kadang sikap dewasa tidak bisa melihat dari umur aku tetap bersikap dewasa walaupun sebenarnya orang kadang menganggap aku masih kanak-kanak," tambahnya.

Sebagai Khadijah alias Dijah yang ditolong Sodrun (dimainkan Rizky Nazar), Syifa berperan sebagai anak semata wayang yang bersahabat dengan Megan Domani. Dan Menariknya lagi, ia dan Megan Domani kembali masuk ke dalam kisah cinta segi tiga. Keduanya sama-sama ingin menarik perhatian Sodrun (Rizky Nazar) seorang pria tam­pan yang merubah dan membawa pen-garuh bagi persahabatan keduanya.

"Sosok Sodrun itu idola aku banget, dia ganteng, sholeh dan membawa orang-orang yang berada di dekatnya menjadi lebih baik, rasanya jarang ada ya cowok zaman sekarang yang seperti itu" ujar Cut Syifa sambil terse-nyum.

Menanggapi Gosip

Kerap dipasangkan dengan Rizky Nazar pasca bermain sebagai pasangan kekasih dalam sinetron Jodoh Yang Tertukar, Syifa dan Rizky dikabarkan terlibat cinta lokasi. Bahkan pernah dituduh sebagai perusak hubungan Rizky dengan Tengku Nadira Adnan, Syifa mengaku bila dirinya tidak terlalu peduli dengan opini public atau gosip yang menghinggapi seputar dirinya.

"Aku apa adanya, orang mau ngomong apa juga, berusaha untuk cuek, walaupun ada beberapa yang sempat mengganggu fikiran aku walaupun aku beru­saha untuk tidak peduli, karena biar bagaimanapun kalau orang sudah tidak suka sama kita ada aja yang diomongin jadi yang mereka tuduhkan yang penting aku tidak melakukan hal-hal yang tidak sudah diluar norma agama dan Iain-lain," tutur gadis yang tidak suka menggunakan make-up ini.

Gadis cantik ini dengan santai menyatakan bila dirinya tahu mana yang benar dan mana yang salah. Meski ia berbuat baik, apabila ada yang tak suka, mereka terus berkomentar kurang menyenangkan.

"Semua tergantung dari pikiran masing-masing orang kalau mereka emang nggak suka aku, ya apa yang aku lakuin akan terlihat buruk," tuntasnya.

Cinta Lokasi Kenapa Nggak

Ada kalanya kebersamaan di lokasi syuting membuat para bintang terserang cinta yang biasa disebut cinta lokasi alias cinlok. Bctemu dengan berbagai kharakter dan juga kerap dipasangkan dengan lawan main yang tam­pan, aktris yang belum kefikiran untuk terjun ke layar lebar ini mengaku tidak menutup kemungkinan hal itu juga akan melanda dirinya.

"Cinta lokasi kenapa nggak, Kita gak tahu ke depannya akan seperti apa, kalau memang nanti aku ketemu sosok yang cocok terus klik dan nyambung yaa apa boleh buat," ujarnya.

Gadis cantik ini hanya tersenyum malu-malu ketika diarahkan kepada sosok Rizky Nazar "Hhmm gak tahu deh... Aku jalanin aja, yang pastinya aku senang-senang aja kalau mereka ngejodohin pasti dapat chemisrtynya," tu-turnya dengan senyum yang menyimpan teka teki.

Harapannya terhadap sinetron 'Sodrun Merayu Tuhan' semoga bisa menghibur masyarakat, dan se­lain menjadi tontonan dan sinetron ini juga dihara-pkan menjadi tuntunan juga.

Syifa Hanasalshabila atau yang kita kenal se­bagai Cut Syifa ini terjun ke dalam industri hiburan tanah air. Darah Aceh mengalir dari sang ayah (Rommel Andriawan) sementara ibunya berdarah Jawa. Mempunyai wajah manis membawa Syifa begitu biasa dia dipanggil tanpa sengaja bertemu dengan seorang sutradara sewaktu pentas seni di sekolahnya.

Syifa yang pada waktu itu baru menginjak Sekolah Dasar (SD] kelas 3 mengikuti suatu pentas seni, sang sutradara memintanya un­tuk ikut syuting di salah satu sinetron yang digarapnya. Hal ini tidak langsung diiyakan oleh sang ibu, mengingat Syifa kecil pada waktu itu termasuk anak yang berpres-   tasi di sekolahnya. Sosok Ibu yang pro-tektif terhadap anak gadis satu-satunya ini mengajukan syarat, Syifa dibolehkan ikut syuting asalkan tidak melalui proses casting. Ternyata hal ini disanggupi oleh sang sutradara, dan akhirnya akting Syifa pada waktu itu menarik produser dari rumah produksi Sinemart untuk menjadi ak-tris tetapnya sampai sekarang.

Gadis penyuka olah raga ice skating ini mengawali karirnya dengan berperan sebagai Mutia di sinetron Aisyah' sebagai adik dari Alyssa Soebandono dan menjadi sinetron pertamanya. Namanya mulai dikenal dan meroket sejak membintangi sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series' di tahun 2012 sebagai Maisyaroh.

Perlahan namun pasti seiring dengan bertambah dewasanya Cut Syifa, karirnya dalam dunia hiburan tanah air semakin matang. Selain sinetron ia juga kerap membintangi film televisi seperti Anak Yang Terbuang', 'Terima Kasih Ayah', 'Piala Untuk Bunda', 'Takjil Bu Safei', dan masih ban yak lagi.

Membintangi beberapa sinetron, Syifa yang berperan seba­gai cewek tomboy di 'Jodoh Yang Tertukar' dan sebagai anak miskin yang cintanya bertepuk sebelah tangan di sin­etron Anak Sekolahan' membawa nama Cut Syifa menjadi bintang muda yang cukup diperbincangkan saat ini.

 

(BINTANG FILM, Edisi 74, FEBRUARI 2018)