Donny Michael : Pasang Wajah Garang

Di awal-awal episode Berkah Cinta, Donny Michael dituntut untuk selalu bicara keras dan emosional. Bagaimana ceritanya?

“Tania, dimana kamu! Tania," teriak Tama penuh amarah. Dengan wajah ketakutan, Tania bergegas menghampiri Tama sambil menangis. "Kak, aku bisa jelasin kejadian tadi itu," jawab Tania yang ucapannya itu terpotong karena hardikan Tama.

"Diam kamu," hardik Tama membuat Tania terkejut dan tertunduk. "Kenapa kamu nggak berani lihat saya! Lihat saya! Yang sudah kamu lakukan itu sungguh kelewatan," ucap Tama kembali menghardik Tania.

Dengan tatapan sinis penuh amarah, Tama tak memberi kesempatan pada Tania untuk men-jelaskan. "Kak, aku mohon. Izin-kan aku jelasin dulu ke kakak," ratap Tania memohon Tama mendengarkan penjelasannya.

"Apalagi yang mau kamu jelaskan. Saya sudah lihat sendiri hasil dari perbuatan kamu! Tante Sarah itu sudah saya anggap sebagai pengganti orangtua saya di rumah ini!" teriak Tama yang ucapannya itu kembali membuat Tania menangis.

Di tengah ketegangan antara Tama dan Tania, teriak sutradara pun memecah keheningan, "Cut!"

Donny Michael pemeran Ta­ma dan Irish Bella sebagai Tania pun terbahak-bahak usai menye-lesaikan satu scene akting di sinetron Berkah Cinta.

Mengapa Irish langsung ngakak? "Nggak kuat lihat Donny melotot," jawab Irish, usai syu-ting."Kamu juga nangis jelek banget," timpal Donny sambil menunjuk ke arah wajah Bella.

Kasar

Begitulah suasana syuting Berkah Cinta yang sempat terekan saat Nyata berkunjung ke lokasi syuting di sebuah rumah mewah di Jalan Sepat, Kebagusan, Ja­karta Selatan, pekan lalu. "Yah begini situasi syuting Berkah Cinta. Penuh canda," kata Donny.

Di Berkah Cinta Donny memerankan sosok Tama, pria de­ngan kepribadian keras dan tegas.Tapi dia juga punya sisi baik. Sebab sejak ditinggal ayahnya, Tama menjadi tulang punggung sekaligus melindungi keluarganya.

"Meski keras tapi ada sisi baiknya juga Iho. Aku jadi pelindung bagi adikku Sesil (Angela Gilsha) dan Karin (Eva Anindita) serta Tante Sarah (Windi)," jelasnya.

Meski begitu, sifat kasar Tama justru luluh saat melihat kecantikan Tania. Tapi sayang, Tania sudah di-jodohkan ayahnya, Haris (Adjie Pangestu) dengan seorang pria bernama Eros (diperankan Giorgino Abraham).

"Yang bisa meluluhkan hati Tama itu ya Tania. Tapi Tania ini di-jodohkan ayahnya dengan Eros, makanya aku cemburu. Intinya nggak suka kalau Tania. itu bareng sama Eros," ujar Donny sambil menyeruput segelas es teh manis.

Berbeda

Keterlibatan suami Aryani Fitriana ini berawal dari ajakan Sinemart untuk memerankan sosok Tama. Donny yang saat itu masih disibukkan dengan syuting sinetron Anak Jalanan tak butuh waktu untuk memikirkan tawaran itu.

"Beberapa minggu lepas syuting sinetron Anak Jalanan, aku terima tawaran jadi Tama. Aku suka dengan karakternya yang gagah, maskulin dan tegas. Seperti mafia lah, kan Tama itu me-neruskan bisnis hitam almarhum ayahnya," ungkap pria kelahiran 3Oktober1990 ini.

Bagi pemilik nama lengkap Donny Michael Haub, pemilihan karakter sangat diutamakan. la ingin di setiap perannya di sine­tron selalu berbeda dan baru. "Aku selalu ingin tampil beda," ujar Donny yang mengawali karirnya di sinetron Melati untuk Marvel tahun 2008 lalu.

"Kalau perannya itu-itu saja orang pasti bosan. Di Anak Jalanan, aku jadi Tristan yang pe-nampilan acak-acakan, cuek, ngomongnya pun slenge'an. Ta­pi di sini, penampilanku rapi, ke-limis, berkelas dan bicaranya tegas," tambah adik pesinetron Rama Michael ini.

Alhasil dengan kemapuan aktingnya, Donny mudah melepaskan peran sebelumnya. "Memang butuh penyesuaian. Di sini ada tim reader yang bantu aku untuk mendalami peran. Alhamdulillah episo­de satu dan dua dapat feel-nya sampai sekarang," katanya.

Dibanding perannya di episo­de ke 15 ini, Donny mulai menurunkan intonasi suaranya. Sejak episode pertama yang tayang 20 Februari lalu, dialog Donny terlalu banyak berteriak.

"lya sih, episode awal kebanyakan marah-marah, teriak gitu ngomongnya. Tapi mulai episode sekarang agak diturunkan intonasinya," ucap Donny terkekeh.

Tawa Donny bertambah ketika teringat komentar istrinya yang kebawa emosi melihat ak-tingnya di sinetron. "Duh, jangan teriak-teriak terus. Nonton kamu bawaannya tegang melulu, kesel," ucap Donny menirukan komentar istrinya. Dengan peran antagonis-nya itu, Donny siap mendapat kritik dari penggemarnya. "Pastinya kalau orang yang jahat di sinetron itu kan ada komentar macam-macam. Tapi alhamdullilah sampai di episode ini malah penggemar suka sama peran aku," ungkapnya.

 

(Nyata, Edisi 2384, II Maret 2017)