Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 9

Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 11

Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 17

Notice: Use of undefined constant hostname - assumed 'hostname' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant username - assumed 'username' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant password - assumed 'password' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Deprecated: mysql_pconnect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant database - assumed 'database' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 4
SINEMART

Anugerah Cinta : Berbelit tapi bakal "Happy Ending"

Tayang di RCTI mulai 17 Agustus 2016 sinetron Anugerah Cinta (AC) langsung melesat ke puncak rating. Berdasarkan data kepemirsaan televisi, AC bergantian dengan Anak Jalanan menjadi penguasa rating.

Keberhasilan ini praktis melejitkan sederet bintang muda pemerannya: Giorgino Abraham (memerankan Arka), Irish Bella (Naura), Omar Daniel (Rey), Angela Gilsha (Kinta), dan Claudia Andhara (Tiara). Setiap hari lokasi syuting AC di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, tidak sepi penggemar.

Hingga episode ke-98, AC magnet bagi penonton setia sinetron, terutama ibu-ibu yang merindukan drama keluarga era '90-an. Apalagi beberapa bintang senior turut memperkuat sinetron Sinemart ini, seperti Adjie Pangestu (Hutomo), Ria Probo (Vina), Natasha Dewanti (Aruni), dan Umar Lubis (Samsul). Tidak peduli baru mulai tayang pukul 21.30 WIB, penonton setia menunggu.

Kisah cinta beda kasta antara Arka dan Naura yang ditentang mamanya Arka. Vina, boleh jadi jualan utama. Meski begitu, tokoh lain seperti si antagonis Kinta tidak bisa dikesampingkan. Ada pula Tiara, adik Arka, yang terus mengejar cinta Oki (Riza Syah), adik Naura,

AC bikin geregetan, Dari episode ke episode ada saja kelicikan Aruni (ibu Rey dan Kinta), Vina, dan Kinta untuk memisahkan Arka dan Naura. Aruni, yang tiba-tiba mengaku sebagai ibu kandung Naura merencanakan sesuatu yang jahat. la menghasut Arka bahwa Naura ingin membunuh Vina.

Konflik kian ruwet saat Aruni menjodohkan Naura dengan Rey. Namun Rey berubah pikiran setelah tahu dari ayahnya, Aruni bukanlah ibu kandung Naura. Rey tidak akan mengkhianati Arka, sahabatnya dari kecil. "Arka akan terus perjuangkan cintanya. Dia enggak memandang kasta," kata Giorgino, yang akrab disapa Gino.

Vina tidak akan pernah merestui hubungan Arka dan Naura. "Sudah lama tayangan sinetron Indonesia enggak menyuguhkan cerita drama keluarga. Ternyata momen Anugerah Cinta pas. Didukung para pemain yang melakukan yang terbaik." jelas Gino.

ARKA DAN NAURA PASTI MENIKAH

Dengan konflik tiada habis, AC berpotensi menjadi sinetron panjang. Hanya saja seperti sinetron-sinetron berating tinggi yang ceritanya berbelit-belit, AC pun demikian. Padahal, kisah Arka dan Naura seharusnya sudah berakhir bahagia di episode-episode lalu.

Menurut Gino, AC tidak semata-mata mengejar rating. "Tujuan kami membuat masyarakat puas. Soal rating dan share, itu bonus," tukas Gino. Ibu-ibu rumah tangga mungkin penyumbang terbesar penonton AC. Namun penonton remaja tidak boleh dilupakan. Hanya saja diperkirakan Gino, mereka remaja yang mulai beranjak dewasa. "Remaja di atas 18 tahun," duganya. Untuk mereka, disuguhkan kisah Tiara dan Oki.

Sebulan terakhir, AC kerap dikritik. Di antaranya menyangkut adegan penyiksaan asisten rumah tangga, jam tayang yang berubah-ubah, juga tokoh antagonis yang sangat banyak. "Ceritanya sebenarnya menarik. Cuma lebay. Jangan terlalu kasar, dong. Kurangi adegan bully karena enggak baik untuk ditonton. Kurang mendidik," komentar seorang netizen. "Jangan terlalu lama dan berbelit, dong. Kasih kesempatan Naura melawan dan bahagia. Atau yang jahat menyesal," protes netizen lain.

Hujan prates tidak menggoyahkan AC. AC tetap langganan dua besar rating. Sutradara AC, Sridhar Jetty, meminta penonton bersabar. "Bukan berbelit-belit. Semua ada prosesnya. Tidak mungkin semua rahasia dibongkar dalam satu episode. Yang jelas Arka dan Naura pasti akan nikah. Tidak dengan yang lain," jamin Sridhar, yang berpengalaman menggarap sinetron lawas Dewi Fortuna (2000) dan Kehormatan (2000).

Sridhar mengelak bahwa AC mempertontonkan adegan penyiksaan. "Tidak ada penyiksaan secara fisik. Tamparan, pukulan tidak ada. Yang ada penyiksaan karena keadaan (ditindas— red.). Tapi bukan berarti Naura akan diam selamanya. Dia saat ini sudah mulai melawan," jelasnya. Trio Vina, Kinta, dan Aruni terus menjadi musuh bebuyutan Arka dan Naura. "Mereka akan terus menghalangi Arka dan Naura untuk bersatu."

 

(BINTANG INDONESIA, Edisi 1320, III Oktober 2016)