Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 9

Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 11

Notice: Undefined index: lang in /home/t42271/public_html/includes/lang.php on line 17

Notice: Use of undefined constant hostname - assumed 'hostname' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant username - assumed 'username' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant password - assumed 'password' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Deprecated: mysql_pconnect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 3

Notice: Use of undefined constant database - assumed 'database' in /home/t42271/public_html/includes/connect.php on line 4
SINEMART

Siti Bling-Bling Mengejar Cinta Pertama : Tantangan Buat Juru Make-Up

Penampilan Doni dan Rumi (Ahmad El Jalaludin Rumi) dalam sinetron Siti Bling-Bling Mengejar Cinta Pertama, benar-benar berbeda. Padahal, karakter itu dimainkan oleh satu orang yang sama dan bukan kembar.

Doni diceritakan sebagai kru panggung musik. Pemuda ini kelihatan polos dan lugu. Sehari-hari ia hanya mengenakan T-Shirt hitam, celana jeans robek-robek, dan rambut yang ditutup topi kupluk. Sedangkan sebagai Rumi, penyanyi idola remaja, Rumi berpenampialn benar-benar trendi. Rambutnya dihair style, berkacamata hitam, berkemeja lengan panjang dengan lengan yang selalu digulung, dan bercelana jeans bagus.

Bagaimana El, anak kedua Ahamd Dhani menghidupkan dua peran yang penampilannya bertolak belakang ini? "Enggak sulit, karena karakternya tetap Doni, sama. Hanya penampilan yang berbeda. Doni pemuda biasa. Sedangkan Rumi seorang superstar," kata Ahmad El Jalaludin Rumi yang akrab dipanggil El saat dijumpai di lokasi syuting di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (13/8). Dengan melihat penampilan yang berbeda, pemirsa di rumah sudah bisa membedakan mana Doni dan mana Rumi.

Demikian juga dengan penampilan Mikha Tambayong sebagai Siti dan Bling. Sebagai Siti, Mikha selalu mengenakan kacamata minus dan busana yang sederhana. Sedangkan sebagai Bling, Mikha tidak mengenakan kacamata, selalu berbusana bling-bling berkilauan, serta aksesori kalung bling-bling yang cukup mencolok.

Seperti sinetron sebelumnya, Siti Bling-Bling, Mikha ditantang berperan ganda. Akan tetapi, setelah sinetron itu vakum dan dilanjutkan kisahnya dengan judul Siti Bling-Bling Mengejar Cinta Pertama, giliran El yang ditantang berperan dua karakter.

Muka dan Rambut

Penampilan Doni dan Rumi benar-benar bisa berbeda seperti itu, tidak lain berkat tangan dingin Ulfatul Munawaroh, juru make-up tim SinemArt Productions. Ulfa mengungkapkan, saat ia memoles wajah El, ada bagian-bagian tertentu yang ia perhatikan, agar penampilan El benar-benar berbeda saat berperan sebagai Doni dan Rumi. "Saya sangat memperhatikan bagian muka dan rambut, serta busana," ujarnya.

Ulfa bukan saja mengurusi make-up El, tetapi juga Mikha Tambayong dan Stefan William, pemerang utama lainhya. Bahkan Mikha dan Stefan, sering menggunakan jasa Ulfa juga saat mereka menghadiri acara-acara off air di luar syuting sinetron. "Kalau Mikha, sering memakai saya juga kalau dia ada undangan menyanyi," ungkap Ulfa saat ditemui di lokasi syuting.

Ulfa bukanlah orang baru di dunia make-up artist. Ia sudah 13 tahun menangani para artis yang membintangi sinetron. Ia pernah menjadi juru rias wajah dan rambut, dalam sinetron kolosal legenda seperti Joko Tingkir dan Jaka Tarub. Kini ia lebih banyak menangani make­up artis di sinetron drama modern.

"Dibanding merias pemain sinetron modern, menangani sinetron kolosal jauh lebih sulit, karena harus benar-benar bisa memberi kesan, orang yang hidup di zaman dulu. Jadi saya harus memadukan antara tata rias wajah dengan tata rambut. Make-up agak gelap dan rambut agak berantakan, karena harus memberi kesan lebih suram," kata Ulfa.

Di SinemArt Productions Ulfa bergabung sejak setahun lalu. Ia antara lain pernah menjadi penata rias di sinetron Ayah, Mengapa Aku Berbeda The Series, Jakarta Love Story, dan Bintang Di Langit.

Syuting di Rabu pekan lalu itu berjalan lancar. Episode yang gambarnya diambil tentang Siti yang masih belum mengetahui bahwa Doni dan Rumi adalah orang yang sama. Sebaliknya, Doni juga tidak mengetahui, Siti adalah Bling.

Siti masih meminta bantuan pada Doni, saat Rumi dan Selena (Aurelie Moeremans) akan manggung.

Akibatnya, Doni pun harus bolak-balik ke kamar mandi berganti penampilan. Karena di satu sisi Doni harus membantu Siti mengangkat barang-barang kebutuhan manggung Rumi. Di sisi lain, Rumi juga sering dicari Selena dan manajernya, karena para penonton sudah berdatangan.

Pada adegan hari itu sering terjadi hal-hal lucu, seperti Doni yang tersandung kabel saat berlari ke kamar mandi hingga terjatuh. Atau berpenampilan sebagai Rumi, tetapi masih mengenakan kupluk Doni.

Ternyata hingga akhir penampilan Rumi dan Selena di panggung, penyamaran Doni tidak diketahui oleh Siti.

 

(Cek & Ricek, Edisi 834, 20-26 Agustus 2014)