Yasmine Wildblood : Air Mata dan Marah yang Susah

Setidaknya sudah lima judul sinetron garapan SinemArt Production yang dimainkan Yasmine Wildblood. Dari seluruh sinetron itu, tak ada peran yang demikian menantang seperti karakter di sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Dalam sinetron terbaru di RCTI itu, Yasmine berperan sebagai perempuan yang tertindas. Menantu pengusaha Yapto Soerjosoemarno ini, harus benar-benar menonjolkan sisi emosionalnya. Seperti apa cara Yasmine mendalami perannya itu?

Dari tahun 2008, Yasmine Wildblood sudah terjun ke dunia akting. Hingga kini sudah tercatat 9 judul sinetron yang pernah dibintanginya dan kebanyakan garapan SinemArt Production. Sebelum bermain dalam sinetron stripping, Yasmine bermain dalam beberapa judul FTV.

Kini, Yasmine sibuk sebagai pemeran utama sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Sinetron ini ditayangkan setiap hari di RCTI. Di sinetron yang diadaptasi dari novel best seller karangan Asma Nadia itu, Yasmine berperan sebagai Vina.

Vina digambarkan sebagai single parent yang mendidik anaknya hanya seorang diri. Ceritanya, Vina sempat ditinggalkan mantan suaminya. Dengan begitu, Vina menjadi seorang ibu yang sangat kuat, namun juga memiliki sisi keras kepala.

Memainkan sosok Vina di sinetron Catatan Hati Seorang Istri, diakui Yasmine merupakan tantangan tersendiri. Maklum kondisi Vina dan karakter peran tersebut tak sama dengan keseharian pribadi Yasmine.

"Awalnya sih enggak mudah. Aku harus menjadi seorang single parent, yang anaknya juga sudah agak besar. Dan, kalau Vina sudah marah benar-benar dia blow up," ujar Yasmine yang menikah dengan Abi Yapto, 9 Desember 2013 lalu.

Selama enam tahun bermain sinetron yang diproduksi SinemArt, beragam peran pernah dimainkan perempuan kelahiran 11 Maret 1993 itu. "Segala peran yang ditawari SinemArt pasti sudah melalui proses kasting. Aku senang karena peran-peran itu beragam. Menambah kaya pengalaman aktingku," kata Yasmine saat ditemui di lokasi syuting sinetron Catatan Hati Seorang Istri, di Perumahan Tanjung Barat Indah, Jakarta Selatan, Kamis (3/7) malam.

Mendapat Feel

Selain berusaha dengan maksimal mendalami perannya, Yasmine pun mendapat pengarahan dari sutradara Maruli Ara, agar bisa mengenal sosok Vina. "Sutradara mencoba membantu, dengan menjelaskan latar belakang si Vina. Kata Pak Maruli, aku harus merasakan bagaimana jika di posisi Vina," kata pemilik nama lengkap Yasmine Leeds Wildbtood ini.

Sebelum memutai syuting, setiap pemain biasanya melakukan beberapa persiapan, terutama menghafal naskah yang memang datang setiap hari untuk syuting satu episode yang siap ditayangkan malam itu keesokan harinya. Tak heran, Yasmine ditantang mendapatkan feel-nya di waktu sempit menghafal naskah. "Harus konsentrasi reading di lokasi syuting. Sebelum syuting, dengan lawan main aku biasanya latihan berdialog agar saat take gambar bisa lancar," ungkap perempuan berdarah Inggris-Batak ini.

Di episode-episode awal Catatan Hati Seorang Istri, sutradara Maruli Ara masih mengawal langsung para pemain agar bisa masuk ke dalam karakter cerita. "Tetapi setelah beberapa episode kami sudah bisa mengerti sendiri dan masuk ke dalam karakter cerita," kata Yasmine yang awalnya melejit sebagai model video klip Buka Hatimu (Armada) dan Arti Sahabat (Nidji) ini.

Di tahun 2010 lalu, Yasmine pernah bermain dalam sinetron yang diproduksi oleh SinemArt juga, berjudul Putri yang Ditukar. Di sinetron tersebut Yasmine beradu akting dengan sejumlah selebriti muda ternama, seperti Nikita Willy, Glenn Alinskie, dan Citra Kirana.

Di sinetron Catatan Hati Seorang Istri, peran yang dimainkan nyaris sama yaitu karakter protagonis. Namun yang membedakannya, di sinetron Putri yang Tertukar, Yasmine bermain sebagai sosok yang tertindas dengan sering mengurai air mata. Sedangkan di Catatan Hati Seorang Istri, jika ada seseorang yang berbuat jahat, Vina yang diperankan Yasmine, tak hanya berdiam diri, ia pun akan melawannya, ya dengan marah-marah.

Bagi Yasmine, karakter di dua judul sinetron yang pernah dibintanginya itu tak mudah untuk dijalani. "Buat aku keduanya cukup sulit, karena menangis terus susah, dan apalagi marah-marah. Hahaha. Ya risiko artis deh harus siap dengan tantangan peran," tandas putri Michael Brian Wildblood dan Anita Siregar itu.

Sinetron Catatan Hati Seorang Istri mulai mengudara sejak 9 Juni lalu. Meskipun baru sebulan bermain di sinetron yang juga dibintangi oleh Dewi Sandra, Intan Nuraini, Bairn Wong, Ashraf Sinclair, dan Oka Antara itu, Yasmine sudah langsung mendapatkan hikmah dari isi ceritanya.

"Dari masing-masing tokoh utama yaitu Hannah dan Annisa, selain Vina, kita bisa ambil hikmahnya. Garis besarnya, dalam masalah apapun kita harus berusaha untuk sabar," kata pemain sinetron Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan di RCTI ini.

 

(Cek & Ricek, Edisi 829, 16-22 Juli 2014)